0711-384530 / 08117886006 (Call/WA) acpcarrent@gmail.com

ACPTrans  – Pergi berlibur, tentunya harus membuat hati senang. Indonesia punya banyak tempat yang asik. Tapi cara liburannya juga butuh kiat khusus agar menyenangkan.

Jika liburan dengan perasaan tidak enak atau gundah akan merusak mood. Padahal kita liburan karena ingin menghilangkan stress dan kepenatan. Untuk itu, kita harus tahu cara liburan supaya seru dan penuh kegembiraan.

Dari mulai teman traveling, tempat tujuan, dan segala kebutuhan traveling lainnya dapat menjadi faktor liburan yang menyenangkan. Kali ini, ada beberapa tips untuk liburan yang asyik:

  1. Dimulai dengan mengajak teman yang humoris

    Tentunya, traveler butuh hiburan yang dapat mengisi di sela-sela kekosongan saat traveling. Contohnya, jika pesawat terkena delay atau bahkan hal-hal yang dapat merusak suasana hati.

    Mengajak teman yang humoris bisa menjadi solusinya. Mereka bisa menghibur traveler yang sedang bosan atau bahkan emosi sekalipun. Apalagi jika di tempat yang susah dengan jangkauan teknologi, yang paling manjur pasti bercanda dengan teman. Dijamin mood traveling akan asyik terus!

    2. Berkunjung ke tempat-tempat yang lucu

    Carilah tempat-tempat wisata yang berbeda dari kebanyakan. Jika ke satu kota atau tempat yang sudah pernah dikunjungi sebelumnya, carilah sisi-sisi lain dari kota tersebut yang unik dan lucu.

    Jangan lupa cari informasi seputar kegiatan unik yang dapat dilakukan di destinasi wisata yang dituju. Traveler dapat mencarinya lewat testimoni para pelancong atau situs-situs traveling lainnya. Biasanya, rekomendasi tempat beraneka ragam dan dapat dipilih sesuai keinginan.

    Bermain ke Bukit Senyum di Jailolo atau Pantai Kutang di Lamongan misalnya. Dari namanya saja sudah lucu. Pasti banyak kegembiraan di sana.

    3. Buat foto dengan pose dan berakting yang lucu

    Mengabadikan momen saat traveling itu wajib hukumnya. Tapi agar lebih seru dan menyenangkan, tidak ada salahnya mencoba berfoto dengan pose yang unik.

    Jika ada foto air mancur, berposelah dibawahnya seolah-olah terlihat seperti keluar dari kepala. Atau memakai kostum lucu di tempat-tempat ikonik. Tapi ingat, jangan sampai melanggar aturan atau merusak yang ada disekitarnya ya.

    4. Buat permainan yang seru

    Hal yang sederhana terkadang menjadi sesuatu yang berdampak besar. Begitu pula bermain dengan permain yang tidak biasa saat traveling.

    Permainannya bisa apa saja yang ada di sekitar. Misalnya saat sedang road trip, saling berbalas pantun atau tebak-tebakan sederhana. Terdengar aneh memang, namun bisa mengurangi kebosanan dan menambah keseruan saat melancong.

    Traveler juga dapat membawa permainan sederhana seperti monopoli atau catur. Selain menyenangkan juga bisa mendekatkan satu sama lain.

    5. Mencoba hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya

    Sudah sering pergi ke gunung? Ini berarti saatnya untuk pergi ke pantai. Atau jika sudah sering ke taman safari saat siang hari, artinya harus mencoba berkeliling melihat satwa di malam hari.

    Mencoba hal baru bisa menjadi alternatif liburan seru. Selain menyenangkan, traveler juga dapat pengetahuan baru. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang berbeda ya.

Wah, bentar lagi musim liburan nih. Pada mau kemana, Loopers? Udah pada rencana buat jalan-jalan? Apa? Nggak ada duit? Waduh. Kamu kayaknya harus mencoba strategi baru nih buat liburan. Salah satunya adalah merencanakan liburan irit. Bingung caranya? Gampang. Paling nggak kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini biar liburan kamu lebih murah. Kantong kamu nggak jebol deh.

1. Alokasikan budget/kantong kamu

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengalokasi budget buat liburan setiap bulannya, dan jika dianggap cukup, kamu bisa memanfaatkan waktu luang buat berlibur. Bualah komitmen agar nggak melebihi dari budget yang telah ditetapkan.

2. Pastikan lokasi tujuan

Selanjutnya kamu harus menentukan lokasi liburan. Mungkin kamu ingin berlibur ke Bali namun takut dengan biaya yang mahal. Liburan ke Bali pun tetap bisa dilakukan tanpa banyak menguras uang. Apalagi jika kamu mau berlibur secara backpacker, tentunya hal ini akan lebih hemat lagi.

3. Cari informasi sebanyaknya tentang tempat tujuan

Mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum melakukan travelling irit dan murah. Carilah penginapan yang pas buat kamu dan tentunya sesuai dengan budget kamu. Tujuan berlibur adalah menikmati tempat wisata yang ada, bukan buat tidur, jadi penginapan hanyalah tempat buat beristirahat saja. Kamu hanya perlu memilih penginapan yang nyaman dan nggak harus mahal. Namun pertimbangkan juga lokasi penginapan. Pastikan penginapan tersebut mudah diakses dari tempat-tempat wisata sehingga kamu nggak terbebani oleh transportasi lokal.

4. Cari tahu paket paket wisata yang ada

Pelajari paket wisata yang tersedia di agen perjalanan wisata. Ada kalanya travel agent menawarkan paket liburan ke beberapa tempat sekaligus, sehingga kamu bisa mengunjungi beberapa tempat tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

5. Liburan bareng-bareng keluarga teman atau kolega

Liburan secara berkelompok bisa kamu pertimbangkan. Agen perjalanan wisata biasanya menawarkan diskon jika kamu booking paket wisata buat beberapa orang sekaligus. Selain itu, liburan kamu jadi lebih seru, kan?

6. Cari tempat makan yang relatif murah

Perhatikan pula masalah makan. Restoran di pusat destinasi wisata biasanya jauh lebih mahal dibanding di daerah sekitarnya, padahal warung-warung di luar komplek utama tujuan wisata tersebut bisa menawarkan makanan lokal yang nggak kalah nikmatnya. Bukankah kamu berlibur buat menikmati hal yang berbeda, termasuk makanan khas lokal?

 

Tuh kan. Nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini, termasuk liburan dengan ongkos murah. Nggak ada salahnya kan kalo mencoba beberapa tips di atas.