0711-384530 / 08117886006 (Call/WA) acpcarrent@gmail.com

Ragam Kuliner dan Wisata Alam Palembang

Kuliner Palembang Paling Terkenal

Siapa yang tidak kenal dengan kota Palembang, kota dengan kuliner pempek yang sudah terkenal di seluruh Indonesia memiliki kuliner lainnya yang tidak kalah enak dengan pempek. Perairan kota Palembang yang sudah sangat maju membuat semua olahan makanan di Palembang berbau dengan hasil olahan ikan atau hasil perairan. Meskipun ada beberapa olahan makanan lain yang bahan bakunya bukan dari ikan, namun olahan dari ikan dan hasil airnyalah yang paling mendominasi. Di Palembang ini ada beberapa makanan khas dan juga makanan yang terkenal di Palembang yang harus anda coba agar wisata kuliner di Palembang anda semakin menyenangkan. Lalu apa saja makanan yang harus dicoba ketika melakukan wisata kuliner Palembang?, berikut ini adalah daftar kuliner khas dan terkenal Palembang yang musti anda coba :

  1. Pempek

Tentu saja makanan khas Palembang yang musti anda coba pertama kali adalah pempek. Pempek ini merupakan makanan lezat yang sangat identik dengan Kota Palembang. Makanan khas Palembang ini akan mudah untuk anda temukan di Palembang. Makanan ini adalah olahan tepung yang dicampurkan dengan ikan tenggiri. Gurihnya ikan tenggiri akan membuat pempek semakin terasa lezat. Pempek palembang ini biasanya akan dilengkapi dengan cuko atau kuah pempek. Kuah cuko ini bisa menyesuaikan dengan selera anda, anda bisa memilih kuah cuko tidak pedas dan bisa juga memilih cuko yang pedas. Pempek tersebut biasanya juga disajikan bersama dengan mentimun, mentimun itu akan membuat kuah cuko semakin segar.

Ada berbagai macam pempek yang bisa anda coba. Pempek tersebut dibedakan berdasarkan dengan bahan isian dan bahan pembuatannya. Pempek yang biasanya dengan mudah anda temukan di Palembang adalah berikut ini :

  • Pempek lenjer. Bentuk pempek ini memanjang, pempek ini tidak ada bahan isiannya. Biasanya ketika disajikan pempek ini akan dibelah menjadi beberapa bagian.
  • Pempek kapal selam. Pempek lainnya yang bisa anda mudah temukan adalah pempek kapal selam. Masyarakat palembang menyukai pempek satu ini, hal itu dikarenakan karena bentuknya yang lumayan besar pempek ini juga diisi dengan telur. Rasa gurih dari pempek dan telur tersebut mampu menggoyang lidah orang yang menyantapnya.
  • Pempek model. Jenis empek empek yang bisa dengan mudah anda temukan ketika berada di Palembang adalah pempek model. Yang dimaksud model disini bukanlah model yang ada saat peragaan busana, namun model disini adalah jenis empek empek dengan bentuk bulat seperti bakso. Biasanya pempek ini akan digoreng sampai benar benar garing namun lembut di dalam.
  • Pempek adaan. Makanan khas palembang satu ini memiliki bentu yang dipipihkan. Saat digoreng pempek ini akan dibelah dan digaris garis seperti menggoreng tempe.
  • Pempek telur. Pempek satu ini adalah pempek yang sama dengan pempek kapal selam, yang berbeda dengan pempek kapal selam adalah bentuk pempek telur ini bisa bulat seperti model namun isinya diberi telur. Sedangkan untuk kapal selam bentknya sangat unik seperti pastel.
  • Pempek kulit.Untuk anda yang ingin mencoba berwisata kuliner unik di Palembang anda bisa mencoba pempek kulit. Sesuai dengan namanya, pempek satu ini dibuat dengan bahan dasar kulit ikan. Tidak hanya kulit ikan saja yang digunakan, ketika memakan pempek ini kadang ada duri ikan yang ikut dalam adonan. Sehingga anda harus berhati hati dalam mengkonsumsi pempek satu ini. Ikan tidak hanya dimanfaatkan dari dagingnya dan kepaalanya saja. Namun kini semua bagian ikan bisa dimanfaatkan seperti kulit dan juga durinya.
  1. Tekwan

Ketika anda berada di warung pempek, anda akan menemukan menu lainnya selain pempek. Salah satu menu yang mungkin tertera disana adakah tekwan. Tahukah anda apa itu tekwan?, banyak yang mengatakan bahwa tekwan ini adalah baksonya orang Palembang. Hal itu dikarenakan tekwan ini merupakan pempek rebus. Tentu saja pempek rebus ini lebih sehat dibandingkan dengan pempek yang digoreng. Alasannya adalah pempek rebus ini tidak digoreng menggunakan minyak yang menjadi sumber kolesterol. Eits, tapi tunggu dulu. Tekwan tidak hanya makanan khas Palembang berupa pempek rebus saja. Tekwan itu sama seperti bakso dimana dilengkapi dengan soun, jamur kuping dan juga bengkuang. Setelah itu semua bahan bahan itu disiram menggunakan kuah bening seperti dengan soup. Tekwan ini sangat cocok dikonsumsi saat malam hari atau disaat cuaca sedang mendung, hal itu dikarenakan kuah tekwan sangat menyegarkan dan juga bisa menghangatkan tubuh.

  1. Lenggang

Lenggang adalah masih salha satu jenis keluarga pempek. Meski begitu makanan ini tidak bisa disejajarkan dengan pempek dikarenakan cara pembuatannya yang berbeda dan juga bentuknya yang berbeda. Jika dilihat secara sekilas, pempek ini sangat mirip dengan telur dadar gulung. Yang berbeda adalah lenggang tersebut telur yang didalamnya berisi pempek lenjer yang sudah dipotong potong. Cara memasaknya pun beragam ada yang dipanggang namun ada juga yang hanya digoreng saja. Untuk mengkonsumsinya pun bisa dimakan langsung dengan atau tanpa kuah cuko. Rasa dari lenggang ini gurih sebab perpaduan dari telur dadar dengan pempek lenjer yang sudah dipotong potong sebelumnya. Bagi anda yang ingin membuat lenggang di rumah sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Yang harus disiapkan adalah pempek lenjer 4 buah, usahakan yang anda gunakan adalah pempek lenjer asli bukan pempek lenjer abal abal yang rasanya hanya tepung saja. Setelah anda mendapatkan pempek lenjer yang asli anda bisa memotong pempek lenjer itu bentuk dadu.
  • Siapkan 4 butir telur, kemudian aduk agar tercampur secara merata.
  • Panaskan minyak, masukkan pempek lenjer yang sudah dipotong potong tersebut.
  • Setelah itu masukkan telur yang sudah diaduk secara merata tadi ke pempek yang sudah digoreng.
  • Goreng sampai benar benar matang.
  • Untuk tambahannya anda bisa menambahkan irisan bawang dan juga irirsan cabai merah.
  1. Kerupuk Ikan Palembang

Kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur di Palembang adalah kerupuk ikan. Kerupuk ikan ini bisa jadikan oleh oleh dan buah tangan. Saat berada di Palembang anda akan mudah menemukan penjual kerupuk ikan tersebut. Seperti denggan namanya, kerupuk palembang itu terbuat dari ikan bisa dari ikan tenggiri atau ikan laut lainnya. Rasanya pun cenderung gurih dan renyah. Kerupuk ikan cocok dijadikan sebagai teman makanan yang berkuah panas dan pedas.

Tidak hanya itu saja kerupuk ikan tersebut juga akan sangat enak sekali jika dicocolkan ke kuah cuko pempek. Kerupuk ikan ini memilii warna putih dan sangat garing. Banyak orang yang merasakan ketagihan setelah mengkonsumsi kerupuk ikan tersebut. Tidak mengherankan jika kerupuk ikan Palembang merupakan kerupuk ikan yang paling banyak dicari untuk dijadikan oleh oleh ketika berada di Palembang.

  1. Pindang Palembang

Tentu anda pernah mendengar makanan pindang?, namun tahukah anda bahwa pindang tersebut berasal dari palembang. Oleh sebab itu ketika berkunjung ke Palembang jangan lupa untuk merasakan kelezatan dari pindang ikan palembang ini. Pindang ini sangat berbeda dengan pindang pindang ikan lainnya yang ada di warung makan. Yang berbeda dari pindang ikan Palembang ini adalah pindang ikan itu mirip dengan Tom Yum. Tom Yum adalah masakan khas Thailand yang legendaris. Pindang tersebut mirip dengan sopu yang rasanya asam, pedas, manis dan juga sangat menyegarkan.

Orang yang pernah mencoba pindang ikan ini pasti akan ketagihan dan ingin merasakan kembali pindang ikan asal palembang. Biasanya yang dijadikan sebagai bahan dasar masakan pindang ini adalah ikan patin, ikan gabus dan juga tulang iga. Kedua jenis ikan yang digunakan sebagai bahan dasar masakan pindang memiliki tekstur yang sangat lembut. Sehingga daging ikan itu terasa sangat lezat jika dicampurkan dengan kuah yang memiliki rasa asam, pedas, manis dan juga segar tersebut. Bagi anda yang ingin merasakan Pindang ikan yang enak, anda bisa mencicipi ikan pindang yang ada di warungnya Mbok War Palembang. Warung ini mengapung di Sungai Musi dan dekat dengan Jembatan Ampera

  1. Mie Celor Palembang

Bagi anda yang pecinta olahan mie, anda harus mencoba kuliner yang satu ini. Rasanya yang unik, lezat dan gurih membuat mie ini sangat menggugah selera. Mie celor adalah kuliner khas Palembang dimana mie tersebut disajikan bersamaan dengan kuah santan yang sangat kental dicampurkan dengan kuah kaldu dari ebi atau udang kecil yang dikeringkan, dicampurkan dengan taoge meski jumlahnya hanya sedikit dan diatasnya diberikan irisan telur rebus. Seledri, daun bawang dan juga bawang goreng pun ditaburkan di atas mie tersebut agar citarasanya semakin mantap.

Mie yang digunakan dalam mie celor adalah mie tebal ejenis dengan udon. Kebanyakan orang Palembang mengkonsumsi mie ini saat waktu sarapan, sehingga warung mie celor tersebut akan diserbu pengunjung saat pagi hari dan penuh saat pagi hari. Sayangnya mie ini tidak bisa dikonsumsi oleh orang yang menderita kolesterol. Orang yang memiliki kolesterol tidak bisa mengkonsumsi mie ini dikarenakan kuah santan kental tersebut bisa membuat kadar kolesterol semakin naik.

 

  1. Martabak Har

 

Bagi anda yang suka dengan martabak jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata kuliner yang satu ini. Kuliner satu ini sudah sangat terkenal di Palembang, sehingga tidak mengherankan jika Martabak Har selalu dipenuhi oleh pembeli. Memang jika dilihat secara sekilas, martabak har ini mirip dengan martabak telur. Yang berbeda adalah martabak ini memilki kuah. Bukan kuah cuko yang digunakan untuk menemani sajian martabak ini, namun kuah yang digunakan adalah kuah dengan citarasa rempah yang sangat kuat. Kuah tersebut juga dicampur dengan kentang dan juga irisan daging yang menggugah selera. Jika kebanyakan martabak telur menggunakan telur dan daging cincang sebagai isian martabak, namun martabak har ini hanya menggunakan telur untuk dibalutkan bersamaan dengan kulit martabak sehingga anda tidak akan menemukan daging cincang sebagai isian martabak. Penyajiannya pun sangat berbeda dengan pempek, martabak tersebut saat masih panas langsung diguyur menggunakan kuah yang berisi kentang dan juga irisan daging tersebut. Selain itu, martabak tersebut penyajiannya disajikan menggunakan saus dan juga cabai rawit. Harga Martabak Har ini bervariasai tergantung dengan isian dari telur martabak tersebut. Martabak dengan isian telur bebek dibandingkan dengan telur ayam lebih mahal sebab rasanya lebih gurih menggunakan telur bebek.

 

  1. Laksan

Kuliner khas lainnya yang bisa anda coba ketika berada di Palembang adalah laksan. Sudah tahukah anda apakah itu Laksan?, memang laksan ini tidak setenar dengan pempek. Meski begitu laksan ini bahan pembuatannya menggunakan pempek. Laksan sendiri merupakan pempek lenjer yang disiram menggunakan santan kental dan pedas. Pempek lenjer yang digunakan pun masih dalam keadaan utuh tidak dipotong potong. Namun bagi anda yang menginginkan laksannya dalam bentuk potongan pun bisa meminta kepada empunya warung. Jika tidak diperhatikan secara cermat dan mendetail, laksan itu mirip dengan lontong sayur. Namun tetap saja rasa dari laksan itu adalah rasa pempek. Sayangnya tidak semua orang bisa mengkonsumsi makanan khas satu ini. Kebanyakan masakan Palembang yang dibuat menggunakan santan kental membuat orang yang menderita kolesterol harus bijak dalam mengkonsumsi makanan khas Palembang. Anda harus tetap mengutamakan kesehatan anda, jangan sampai sehabis liburan tersebut berakhir anda malah terkena penyakit akibat anda mengkonsumsi makanan pantangan untuk penyakit anda.

 

  1. Tempoyak

Pernah mendengar makanan khas Palembang yang satu ini?, pernah mencicipinya?. Memang tidak semua orang tahu apa itu tempoyak, meski makanan tersebut sangat terkenal di Palembang, masyarakat luas tidak mengenal tempoyak seperti masyarakat mengenal pempek. Banyak yang tidak tahu apa itu tempoyak. Tempoyak merupakan makanan unik dari Palembang. Bagi anda penyuka durian tidak ada salahnya anda mencoba tempoyak, hal itu dikarenakan tempoyak merupakan makanan khas dari Palembang yang bahan dasarnya dari durian.

Tempoyak sejenis sambal dimana sambal itu terbuat dari durian yang suah difermentasikan. Rasanya pun asam namun aroma duriannya masih terasa. Kebanyakan tempoyak ini dicampurkan dengan makanan pepes. Sayangnya orang yang bukan asli dari Palembang kurang cocok dengan makanan satu ini berbeda dengan orang asli Palembang dimana mereka bisa makan tempoyak saja menggunakan nasi

 

 

  1. Burgo

Banyak yang menganggap burgo ini sama dengan laksan padahal burgo dengan laksan berbeda. Memang banyak masyarakat Palembang mengatakan jika burgo tersebut bumbunya sama dengan laksan namun yang berbeda adalah proses pemasakannya dan juga pencetakannya.

Jika laksan menggunakan pempek lenjer yang bulatannya penuh, burgo ini waktu membuatnya dibuat menggunakan cetakan mie digulung setelah itu diris seperti mengiris lontong kemudian disiram menggunakan santan. Jika baru datang ke Palembang pertama kali, orang akan bingung membedakan antara laksan dan burgo hal itu dikarenakan pembuatannya sama sama menggunakan tepung beras namun bentuknya saja yang berbeda.

 

  1. Ragit Palembang

Makanan khas dari Palembang ini mirip dengan roti dari India. Meski di beberapa tempat ragit ini dibentuk dan dicetak seperti mie yang diberikan kuah santan. Ragit palembang ini kebanyakan ditemukan dalam bentuk seperti jala, bisa segitiga dan juga bisa seperti bentuk dadar gulung. Penyajian ragit itu banyak yang disajikan bersamaan dengan kuah dari daging masakan kari. Makanan khas ini penyajiannya mirip dengan Martabak Har yang penyajiannya disiram menggunakan kuah kari yang lezat dan juga gurih. Sayangnya pada hari hari biasa menjumpai ragit ini sangat sulit, bahkan bisa dikatakan makanan khas ini hampir punah.

Saat menjelang ramadhan, ragit ini bisa dengan mudah anda temukan di pasar Ramadhan. Bahan dasar pembuatan ragit ini adalah tepung beras yang dicampurkan dengan tepung terigu dan diberikan sedikit garam. Masyarakat asli Palembang mengatakan ragit ini tidak setenar pempek sehingga jumlah penjual ragit ini bisa dihitung menggunakan jari saja.

 

  1. Es Kacang Merah

Kuliner khas dari Palembang lainnya yang tidka boleh untuk dilewatkan adalah es kacang merah. Es ini merupakan kuliner yang menyegarkan dan cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas dan terik. Meski saat ini banyak variasi es menggunakan kacang merah, namun es kacang merah yang ada di Palembang ini adalah pelopornya. Bahan dasar dari pembuatan es kacang merah ini tentu saja adalah kacang merah, dalam pembuatannya kacang merah ini dicampurkan bersamaan dengan gula merah, susu cokelat maupun susu vanilla dan juga es krim. Es krim yang digunakan untuk membuat es kacang merah juga bisa digantikan dengan es batu serut. Ketika semua bahan tersebut dicampurkan akan menghasilkan rasa dan citarasa yang sangat menyegarkan.

Saat ini penjual es kacang merah tidak hanya ada di Palembang saja namun sudah tersebar di kota besar seperti Jakarta. Meski begitu anda tidak boleh melewatkan kuliner yang satu ini saat berada di Palembang. Tidak hanya menyegarkan saja, namun es kacang merah ini juga menyehatkan. Di dalam kacang merah kaya akan at besi, protein, kalium, vitamin B6 dan juga berbagai macam kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah kuliner khas yang bisaa anda cicipi ketika anda sedang melakukan wisata kuliner Palembang. Meski anda ingin mencoba semua makanan kuliner yang disebutkan diatas, anda harus tahu apa makanan pantangan anda. Makanan pantangan itu bisa menghindarkan anda dari kekambuhan penyakit yang anda derita.

 

Ragam Wisata Alam Di Palembang

 

ACP Rental Mobil Palembang – Kota Palembang merupakan sebuah ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Palembang dikenal dengan makanan khasnya yang bernama Pempek Palembang yang terkenal nikmat dan lezat, Makanan ini terkenal hingga plosok indonesia.

Jika Anda punya rencana liburan ke Kota Palembang, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan yang cocok untuk Anda kunjungi. Selama ini Palembang terkenal dengan icon jembatan Ampera, namun bukan itu saja, ternyata kota ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata lainnya yang tak kalah dengan wisata Bali, Bogor ataupun kota besar lainnya.

Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Palembang yang paling indah dan di rekomendasikan untuk di explore. berikut ini kami ulas secara singkat  Objek Wisata di Palembang Terbaru yang Paling Direkomendasikan:

 

  1. Jembatan Ampera – ACP

Inilah jembatan kebanggaan masyarakat Palembang. Jembatan Ampera bahkan menjadi ikon wisata dari kota yang terkenal dengan makanan pempek ini. Pembangunan jembatan membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun yang dimulai pada tahun 1962. Jembatan megah nan indah ini menghubungkan dua daerah yang dipisahkan oleh Sungai Musi, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Tak seperti jembatan pada umumnya, Jembatan Ampera memiliki pesona tersendiri. Selain bangunannya yang apik, ‘wajah’ jembatan ini akan semakin tampak rupawan ketika malam menjelang. Tebaran lampu yang berjajar di sepanjang jembatan semakin menambah daya tarik Jembatan Ampera sebagai tempat wisata di Palembang. Keindahan Jembatan Ampera di malam hari sering kali diabadikan oleh para wisatawan. Adanya pasar suvenir dan makanan di jarak 50 meter dari jembatan semakin menambah keasyikan menikmati suasana malam dan pemandangan jembatan yang eksotis ini.

  1. Sungai Musi – ACP

 

Siapa yang tidak tahu Sungai Musi? Sungai terpanjang di pulau Sumatera ini juga menjadi andalan tempat wisata di Palembang. Mau tahu berapa panjangnya? Sungai Musi memiliki panjang 750 km yang membelah kota Palembang.

Tak hanya dimanfaatkan untuk sektor ekonomi saja, Sungai Musi juga dikembangkan sebagai objek wisata dengan pesona tersendiri. Panorama sungai yang tenang menarik minat banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Fasilitas yang ditawarkan di objek wisata ini tak hanya perahu jelajah untuk mengarungi sungai, tetapi juga kafe juga restoran yang berjajar di tepian sungai.

 

  1. Pulau Kemaro – ACP

Satu lagi tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Pulau Kemaro. Pulau ini berada di tengah Sungai Musi, yang jaraknya kurang lebih sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Sebagai destinasi wisata, Pulau Kemaro menawarkan pemandangan yang indah dan juga tempat-tempat ziarah yang menawan.

Di sini terdapat pagoda 9 lantai, klenteng Dewi Kuam Im (Soei Goeat Kiong), makam Tan Bun An dan Siti Fatimah, juga beberapa patung dewa-dewi dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dengan perahu tradisional yang bisa disewa dari Jembatan Ampera.

  1. Benteng Kuto Besak – ACP

Benteng Kuto Besak merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Darussalam. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus benteng pertahanan untuk menangkal serangan dari Belanda di masa perang melawan penjajahan dulu.

 

Hingga saat ini, bangunan benteng masih berdiri kokoh dan terawat juga terjaga kebersihannya. Lokasinya tidak jauh dari Sungai Musi. Sebagai tempat bersejarah, tak heran jika Benteng Kuto Besak ini menjadi salah satu tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi.

  1. Masjid Agung Sultan Badaruddin – ACP

Masjid Agung Sultan Badaruddin merupakan bukti sekaligus peninggalan sejarah penyebaran ajaran agama Islam di tanah Palembang. Masjid ini dikenal sebagai masjid terbesar yang ada di Palembang. Dengan memadukan sentuhan arsitektur Indonesia, Eropa, dan juga Cina, Masjid Agung Sultan Badaruddin menyuguhkan keindahan tempat ibadah yang memukau.

Maka tak heran apabila masjid ini menjadi tujuan wisata budaya sekaligus religi. Tak hanya sekadar untuk beribadah, tempat wisata di Palembang yang satu ini juga menawarkan keindahan ornamen bangunan yang memanjakan mata. Setelah puas beribadah dan menikmati keindahan masjid ini, pengunjung bisa membeli oleh-oleh khas Palembang di pasar yang terletak tak jauh dari masjid.

  1. Masjid Cheng Ho Palembang – ACP

Dari namanya Anda pasti sudah bisa menduga asal-usul dari masjid yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Palembang ini. Dilihat dari bangunannya, masjid ini tampak seperti klenteng. Tak perlu heran, karena memang masjid ini bernuansa ornamen Tionghoa.

Sebagai tempat ibadah sekaligus tempat wisata, tidak ada retribusi yang dikenakan kepada pengunjung. Meski demikian, pengunjung tetap diminta untuk menjaga ketenangan di sekitar lokasi masjid.

  1. Wisata Bukit Siguntang – ACP

Bukit Siguntang dengan pesona alamnya yang menarik semakin menambah daftar tempat wisata di Palembang yang patut disinggahi. Lokasinya berada di Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I. Konon, bukit dengan ketinggian mencapai 29-30 meter ini digunakan sebagai tempat beribadah dan bertapa keluarga kerajaan untuk menenangkan pikiran.

Meski zaman telah berubah dengan teknologi yang semakin canggih, namun masyarakat setempat masih menganggap sakral bukit ini. Tempat wisata ini digunakan sebagai tempat berziarah ke makam para bangsawan yang dianggap sebagai orang yang berjasa atas berdirinya Kota Palembang.

  1. Air Terjun Lematang Indah – ACP

Air terjun Lematang Indah merupakan tempat wisata di Palembang yang menyuguhkan panorama alam nan indah. Terletak di Kota Pagar Alam, air terjun dengan ketinggian kurang lebih 40 meter ini menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat lokal juga wisatawan yang singgah di kota ini.

Selama perjalanan menuju lokasi wisata ini, Anda tak akan bosan melihat pemandangan alam yang tersaji di sepanjang jalan. Puncaknya, tentu saja Anda tidak akan menyesal begitu sampai di tempat wisata alam ini.

 

  1. Air Terjun Bidadari – ACP

Tempat wisata di Palembang lainnya yang tak kalah menakjubkan adalah air terjun Bidadari. Lokasinya terletak di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang yang berjarak kurang lebih 8 km dari Kota Lahat, Palembang. Sebagai objek wisata alam, air terjun Bidadari menyuguhkan pemandangan yang elok dan tentunya tak hanya menyegarkan mata yang memandang tetapi juga hati dan pikiran.

Asyiknya, di lokasi wisata ini juga terdapat 3 air terjun yang juga menyita perhatian, yaitu air terjun Bujang Gadis, Sumbing, dan Naga. Dengan mengunjungi tempat wisata ini, sekali dayung tiga pulau terlampaui, di mana Anda bisa menikmati keindahan alam dan air terjun tak hanya satu tetapi 4 sekaligus.

  1. Air Terjun Maung – ACP

Ini dia tempat wisata di Palembang yang menjadi favorit dan diandalkan dalam setiap promosi wisata, air terjun atau Curup Maung. Tahukah Anda bahwa tempat wisata ini sempat menjadi trending topic di internet karena keindahan alamnya yang tak terbantahkan. Berada di Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat, Curup Maung dapat ditempuh baik dengan motor maupun mobil.

Namun, untuk menuju ke lokasi wisatanya, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 1 jam. Cukup menjelajah karena harus melalui hutan dan kebun kopi yang agak curam. Meski demikian, lelah yang dirasa selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan alam Curup Maung yang memang mempesona.

  1. Taman Hutan Wisata Punti Kayu ACP

Taman Hutan Punti Kayu merupakan satu-satunya tempat wisata di Palembang yang menawarkan panorama hutan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Palembang, hanya berjarak kurang lebih 7 km.

Sebagai tempat wisata, hutan Punti Kayu memiliki luas area sekitar 50 hektar yang dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti kebun binatang dan penangkaran buaya, kolam renang, perahu, atraksi gajah, taman bermain, dan menunggang kuda. Hutan Punti Kayu merupakan hutan pinus terbesar di Indonesia, sehingga selalu dijaga kelestariannya.

  1. Gunung Dempo – ACP

Sebagai gunung tertinggi di provinsi Sumatera Selatan, Gunung Dempo memiliki daya tarik tersendiri sebagai salah satu tempat wisata di Palembang. Suguhan panorama alam dengan hamparan rumput yang hijau sangat asri dan menenangkan.

Tempat wisata ini dapat diakses dengan kendaraan pribadi dan juga umum.

  1. Taman Kambang Iwak – ACP

Satu lagi tempat wisata di Palembang yang patut dikunjungi, yaitu Taman Kambang Iwak. Dari historinya, taman ini merupakan peninggalan sejarah sejak masa penjajahan Belanda dulu. Taman ini dulunya digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga Belanda yang tinggal di sekitar taman.

Kini, Taman Kambang Iwak menjadi tempat wisata yang disukai terutama oleh masyarakat Palembang. Keberadaan kolam sepanjang 800 meter di tempat ini menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu juga terdapat beragam fasilitas mulai dari arena bermain hingga restoran yang semakin menambah keasyikan menikmati tempat wisata ini.

Palembang telah mampu menjadikan makanan khasnya yaitu pempek digemari oleh masyarakat di seantero negeri. Hal ini tentu bisa menjadi poin plus untuk mengenalkan tempat-tempat wisata di Palembang yang menyimpan seribu pesona kepada seluruh masyarakat tak hanya dalam batasan lokal maupun nasional, tetapi juga internasional.

 

 14.  KAMPUNG KAPITAN – ACP

Kampung Kapitan merupakan salah satu kawasan yang bernilai sejarah tinggi. Karena, kampung ini merupakan tempat pertama kalinya warga Tionghoa menetap di Palembang saat kota tersebut masih dalam jajahan Belanda. Kini, Kampung Kapitan dijadikan sebagai obyek wisata. Nilai seni dan budaya di Kampung Kapitan terletak pada struktur bangunan rumah di sana. Rumah di kawasan Kampung Kapitan mengandung dua pengaruh budaya, yakni budaya Tionghoa dan budaya Palembang. Budaya Tionghoa bisa dilihat dari bagian dalam rumah dan bagian teras rumah. Sedangkan budaya Palembang terlihat dari bangunan rumah yang menyerupai limas dan ada tiang yang menopang berdirinya rumah.

15.  MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT PALEMBANG – ACP

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang merupakan monumen yang menyimpan berbagai cerita, gambaran, dan peralatan yang dipakai saat Perang Lima Hari Lima Malam di Palembang, di mana perang tersebut melibatkan seluruh rakyat untuk melawan penjajah. Monumen ini berdiri kokoh di pusat kota dan nggak jauh dari Jembatan Ampera. Tempat wisata ini cocok banget untuk kamu yang suka belajar sejarah.

16. GELORA SRIWIJAYA – ACP

Gelora Sriwijaya merupakan kebanggan warga Palembang karena erupakan stadiun multifungsi terbesar ketiga di Indonesia. Stadiun ini sering digunakan oleh Sriwijaya FC sebagai markas dan tempat tanding sepak bola. Banyak juga acara yang sudah dilakukan di sana karena tempatnya sangat luas, yaitu mampu menampung kurang lebih 40 ribu orang. Gelora Sriwijaya juga dilengkapi dengan fasilitas senam, kolam renang, dan landas pacu balap sepeda.

17. Taman Purbakala Kerajaan – Sriwijaya ACP

The Sriwijaya Museum in Srivijaya Archaeological Park, Palembang, South Sumatra, Indonesia.

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya, Palembang. Letak posisi tempat wisata keluarga ini berada pada titik -3.015734,104.7328793.

Desa Karang Anyar, Gandus, kota Palembang adalah letak geografis dari tempat wisata sejarah ini. Palembang City . Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya(TPKS) ini juga dikenal dengan nama Situs Karanganyar.

18. Museum Negeri Balaputradewa – ACP

Museum Negeri Balaputeradewa, Palembang. Lokasi koordinat tempat wisata sejarah ini berada pada titik -2.9508304,104.7282538.

Sedangkan letak geeografis Museum Negeri Balaputeradewa berad di Jln Sriijaya I No.288 KM 5.5. Alang Alang Lebar, Sukaramai, Srijaya, Kota Palembang.

Museum di Palembang ini didirikan sektar tahun 1978 dan sekarang dikelola oleh pemerintah setempat. Tempat wisata keluarga ini mempunyai area seluas 23,565 meter persegi dan dibangun dengan cirri khas arsitektur kota Palembang.

19. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II – ACP

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang. Tempat wisata sejara lainnya di kota Palembang ini berada di titik -2.990346,104.7589463.

Letak geografis Museum Sultan Mahmud Badaruddin ini berada di Jln. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang. Tempat wisata keluarga ini berada di tepi sungai Musi.

  1. Songket – ACP

Sentra Kerajinan Tenun Songket, Palembang. Tempat wisata lain di Palembang adalah keindahan kain songket nya.

Kainini merupakan kain khas dan kebanggana warga Sumatera selatan ataupun Palembang yang selalu memanggil diri mereka dengan sebutan “Wong Kito”.

Kain ini merupakan perpaduan dari kebudayaan China, Arab dan India. Songket-sebuah kain mewah kebanggan wong kito. Kain ini merupakan percampuran antara beberapa budaya, di antaranya India, Cina dan Arab.

  1. Waterboom OPI Jakabaring – ACP

Waterboom OPI Jakabring, Palembang. Posisi koordinat tempat piknik di palembang ini berada di titik -3.0358908,104.7868748.

Waterboom OPI JAkabring berada di Jln. Gubernur HA. Bastari, Jakabaring, Sungai Kedukan, Rambutan, Kabupaten Banyu Asin, kota Palembang. Tempat wisata air di Palembang ini memiliki luas sekitar 3 hektar.

Disediakan wahana air yang lumayan lengkap dengan fasilitas umumnya. Tempat wisata Ogan Permata Indah ini adalah salah satu tempat wisata terfavorit warga Palembang.

  1. The Amanzi Waterpark – ACP

Amanzi Water Park-Palembang. Satu lagi tempat wisata air di Palembang. Tempat wisata air The Amanzi Waterpark berada pada titik -2.9380343,104.6815486.

Secara geografis, tempat wisata wahana air di Palembang ini berada di Citra Grand City, Copacabana Lifestyle Center Blok D No. 38, Jl. Tembus Alang-Alang Lebar KM. 12, Talang, Alang Alang Lebar, Kota Palembang.

Tempat wisata wahana air the Amanzi Water Park mempunyai luas area sektar 3,5 hektar dan terbesar di Palembang. Tempat wisata terbaru di Palembang ini juga dilengkapi dengan standard keamanan yang tinggi.

 

  1. Alquran Akbar – ACP

Al Qur’an merupakan kitab suci agama Islam yang di dalamnya terdapat tuntunan bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan.

Al Qur’an adalah pedoman bagi umat islam, tidak ada keraguan di dalamnya karena kitab tersebut merupakan kalam atau kata-kata Allah SWT.

Umat Islam wajib untuk mampu membacanya,menjaga serta mencintainya. Bahkan sebagian dari umat Islam membuat sebuah karya yang bisa dikatakan sebagai salah satu wujud kecintaannya kepada Al Qur’an.

Yakni membuat Al Qur’an dengan ukuran yang sangat besar. Al Qur’an memiliki 30 juz, dan sungguh menajubkan lembar-lembar yang mencakup seluruh ayat dalam Al Qur’an tersebut di tuangkan dalam sebuah ukiran-ukiran yang indah.

Adalah Alwuran Al Akbar, nama dari Al Qur’am raksasa yang terdapat di Kota Palembang. Al Qur’an raksasa ini tersusun rapi dan memiliki tinggi 15 meter dengan 315 potongan kayu tembesu berukuran 177 x 140 sentimeter yang kedua sisinya di ukir.

Sehingga jumlah tersebut menjadi 630 halaman serta dilengkapi tajwid dan do’a khatam Al Qur’an bagi para pemula.

Sangat unik, bagi siapapun yang melihatnya akan berdecak kagum. Bagaimana tidak, ukiran-ukiran dalam Al Qur’an merupakan ukiran khas tradisional Palembang. Karya tersebut dibuat sendiri oleh putra-putra Sumatera Selatan.

Al Qur’an terbesar ini dibuat mulai tahun 2002 dan selesai pada tahun 2009. Alwuran dibuat dari ukiran khas Palembang berwarna dasar kayu cokelat menggunakan huruf Arab timbul berwarna kuning keemasan.

Pada setiap lembaran ukiran terdapat motif kembang di bagian tepi dan juga berwarna keemasan. Ukiran dan warna tersebut mencerminkan kebudayaan khas Kesultanan Darussalam Palembang.

Kamu dapat mengunjungu tempat dimana Al Qur’an terbesar di dunia ini disimpan yakni di Bait Al Qur’an Al Akbar yang terletak di komples Pondok Pesantren I.G.M Al-Ihsaniyah, Suak Bujang, Gandus, 6 kilometer dari Bandar Udara Sultan Mahmud Badarudin II ke Jembatan Musi 2.

Pada bulan Ramadhan, Al Qur’an raksasa tersebut menjadi salah satu destinasi wisata religi yang banyak dikunjungi para wisatawan.

Sungguh luar biasa. Bagaimana penasaran kan dengan Al Qur’an terbesar di dunia ini? Ternyata Al Qur’an terbesar di dunia ini ada di Indonesia.