0711-384530 / 08117886006 (Call/WA) acpcarrent@gmail.com

ACPTrans – Memiliki sebuah kendaraan tentu saja mengharuskan anda sebagai pemilik mobil untuk mengetahui cara merawat mobil baru dengan baik sehingga mobil anda dapat bertahan lama dengan kondisi yang selalu prima setiap digunakan. Jika anda tidak mengetahui cara merawata mobil dengan baik, maka tentu saja akan menimbulkan banyak permasalahan pada mobil anda. Masalah yang terjadi pun bisa bermacam-macam dan menyebabkan mobil tidak bisa digunakan. Salah satu permasalahan yang sering terjadi akibat mobil yang jarang dirawat adalah mobil mogok tidak bisa distarter. Biasanya ini sering terjadi pada mobil-mobil berusia tua, namun tidak menuntut kemungkinan jika dapat terjadi pada mobil baru sekalipun. Jika hal ini terjadi pada mobil anda maka ketahuilah penyebabnya terlebih dahulu dan kemudian baruslah anda mengatasi dan memperbaikinya. Tidak semua masalah dapat diatasi dengan membawanya ke bengkel, beberapa hal bisa anda atasi sendiri.

Penyebab mobil tidak bisa hidup padahal sudah distarter biasanya disebabkan karena terdapat kerusakan pada sistem kelistrikan, dapat kita ketahui apabila ketika mobil distarter namun tidak menunjukkan adanya arus listrik tersambung atau mengalir yang dapat kita dengar dari bunyi starter dari dinamo. Sering kali suara dinamo starter terdengar lemah dan mengayun dan yang paling parah tidak ada respon suara dinamo sama sekali. Akan tetapi jika kita mendorong mobil, mesin masih bisa hidup kembali. Sebagai catatan untuk mengatasi mobil mogok, tidak semua mobil mogok dapat diatasi dengan mendorongnya.

Masalah Kelistrikan

Penyebab yang paling sering terjadi saat mobil mogok dan tidak bisa distarter adalah pada bagian kelistrikan. Hal ini bisa anda rasakan saat mobil distarter namun tidak terasa arus listrik yang menyambung atau mengalir yang dapat didengar. Namun ketika anda mendorong mobil, maka mesin masih dapat hidup kembali. Nah berikut ini ada beberapa cara mengatasi masalah pada bagian kelistrikan.

  1. Periksa Socket dan Kunci Kontak

Jika kunci kontak dapat diputar namun ana tidak mendengar bunyi dinamo starter bergerak, maka cobalah untuk memeriksa socket kunci kontak terlebih dahulu sebelum anda mengecek kondisi aki. Kunci kontak yang rusak juga dapat menyebabkan mobil tidak dapat distarter diakibatkan kendornya socker yang menjadi penghubung kunci kontak. Sehingga mobil tidak dapat menyala.

  1. Periksa Aki

Aki adalah komponen yang cukup penting dalam sebuah kendaraan. Jika aki tidak berfungsi maka tentu saja mobil tidak dapat menyala. Untuk itu periksalah bagian aki mobil karena aki merupakan sumber arus terbesar yang adapada mobil. Jika kondisi cairan aki berkurang dan usia aki melebihi dari 2 tahun, maka hal yang mungkin saja jika aki tekor dan tidak dapat mengalirkan arus listrik. periksa kabel kutub yang ada pada aki, jika kondisinya kotor dan berkerak maka dapat menyebabkan aki kendor yang menganggu kerja aki. Untuk itu bersihkan aki mobil dengan menggunakan cairan khusus untuk menghilangkan kerak dan jamur yang menempel. Namun jika arus aki tekor, maka anda bisa melakukan jumper  aki. Jika kondisi aki memang sudah rusak, maka akan lebih baik untuk mengganti aki yang lama dengan aki mobil yang bagu dan berkualitas.

  1. Periksa Kabel Sekring Utama

Kabel sekring utama juga dapat mempengaruhi masalah pada starter mobil. Periksalah kondisi dari kabel sekring utama yang ada pada mobil anda, biasanya posisi kabel ini berada dekat pada aki di kutub positifnya. Jika memang kondisinya putus atu rusak, maka gantilah kabel sekring utama dengan yang baru.

  1. Periksa Dinamo Starter

Kerusakan pada dinamo starter akan anda rasakan dari munculnya bunyi “tek tek” ketika mobil sedang distarter. Jika hal ini terjadi pada mobil anda maka solusinya adalah segera perbaiki dan ganti dinamo dengan yang baru. Anda bisa mengetahui ciri-ciri dinamo yang rusak akan terdengar suara yang lepas namun tidak bisa menghidupkan putaran mesin.

  1. Periksa Kondisi Kabel-Kabel

Jika mobil mogok tidak bisa distarter lainnya bisa jadi dikarenakan kondisi kabel-kabel listrik yang memang mulai mengeras. Hal ini biasanya dikarenakan ada kabel ataupun serat kabel yang telah putus dan getas. Jika memang mobil anda berusia lebih dari 10 tahun, memang lebih baik untuk memperbarui kabel-kabel elektrik pada mobil anda. Hal ini sudah menjadicara merawat mobil tua  yang wajib dilakukan. Namun untuk melakukannya akan lebih baik untuk menyerahkannya langsung pada teknisi yang sudah ahli.

  1. Periksa Dinamo Ampere

Penyebab masalah kelistrikan lainnya bisa dikarenakan aki yang cepat drop atau tekor, hal ini diakibatkan pengisian alternator yang kurang. Apalagi jika mobil anda memang menggunakan banyak aksesori elektronik yang membutuhkan arus listrik yang besar. Sehingga penting untuk memperhatikan kerja alternator. Jika memang kondisinya sudah tidak baik, maka segera ganti dengan alternator yang memiliki daya lebih besar jika memang fungsi alternator mobil sudah terganggu.

Masalah Kerusakan Komponen Mesin

Masalah mobil yang tidak dapat distarter bisa dikarenakan kerusakan pada komponen mesin. Biasanya ini akan ditandai dengan mesin  yang dapat distarter namun tidak mampu untuk menghidupkan mesin. Jika seperti ini meskipun mobil sudah didorong sekalipun namun mesin tidak dapat menyala.

  1. Periksa Busi, Kabel Busi, dan Koil

Jika mesin mobil tidak dapat menyala karena masalah pengapian, maka tentu saja ketiga komponen ini perlu di cek dengan teliti. Ketiga komponen ini akan saling berhubungan satu sama lainnya. Sehingga jika salah satu komponen rusak, maka tangani dengan segera. Kerusakan yang terjadi pada ketiga komponen ini dapat menyebabkan mobil tidak dapat menyala meskipun sudah distarter sekalipun.

  1. Periksa Bagian Karburator

Bila mobil yang anda miliki masih menggunakan sistem karburator untuk suplai bahan bakar, maka bisa saja kondisi karburator yang kotor menjadi penyebab utama mobil mogok tidak bisa distarter. Untuk itu bersihkan komponen karburator mobil dari segala kotoran dan kerak yang menempel. Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus yang dijual di pasaran. Selain itu settingan pada karburator mobil yang tidak tepat juga bisa menyebabkan proses pembakaran tidak berjalan dengan baik sehingga mobil tidak bisa distarter.

  1. Cek Pompa Bensin

Kerja pompa bensin yang kurang maksimal bisa menyebabkan mobil mogok sehingga mesin tidak bisa dinyalakan. Hal ini lah yang kemudian membuat aliran bensin yang menuju karburator tidak bisa berjalan. Jika pompa bensin anda yang mengalami kerusakan maka lakukan perbaikan dengan segera. Bawa ke bengkel terdekat untuk ditindak lanjuti lebih dalam.

  1. Cek Kondisi CDI

Fungsi dari CDI adalah untuk mengatur proses pengapian di dalam putaran mesin. Untuk itu lah kerja CDI sangat penting dalam sebuah kendaraan. Jika kerja CDI melemah maka tentu saja menyebabkan mobil tidak dapat dinyalakan. Tak hanya itu saja, usia pakai CDI juga menjadi faktor penyebab kerusakan CDI.Cara memperbaiki CDI mobil yang rusak akan lebih baik jika anda membawanya ke bengkel yang memang khusus menangani kerusakan CDI.

 

Nah itu tadi beberapa penyebab mobil mogok tidak bisa distarter yang seringkali terjadi serta cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Jangan lupa pula untuk merawat kendaraan secara rutin sehingga kondisi mobil tetap terjaga dengan baik dan awe digunakan. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.